Saturday, February 6, 2010

Tidur Bersama Si Kecil

Berdasarkan hasil penelitian, ternyata dengan menemani bayi yang sedang tidur dapat memberikan keuntungan yang cukup besar bagi si bayi

Hasil penelitian yang dilakukan oleh psikiater dari Harvard,Michael Commons dan para koleganya,menyatakan bahwa bayi yang tidur sendirian akan mudah mengalami stres. Sedangkan menurut James McKenna, bayi yang tidur bersama ibunya akan disusui lebih sering sehingga ia mendapatkan keuntungan imunologis (kekebalan tubuh) yang lebih besar dibanding bayi yang tidur sendirian.

Bayi yang tidur ditemani orang tuanya akan lebih mandiri dibanding teman sebayanya. Mereka akan lebih pintar di sekolahnya,memiliki percaya diri yang tinggi dan jarang mengalami gangguan kesehatan. Disamping itu kita dapat lebih memastikan bahwa : anak menjadi yakin bahwa kebutuhan kasih sayangnya akan selalu terpenuhi, sehingga dapat tumbuh lebih baik, dibandingkan anak yang dibiarkan tidur sendiri untuk jangka waktu yang cukup lama, McKenna berpendapat bahwa pada awalnya akan membingungkan bagi bayi untuk menerima belaian pada siang hari tetapi pada malam harinya tidak menerima perlakuan tersebut (bila tidur sendirian).

Bayi yang tidur ditemani orang tuanya, dapat tidur lebih lama dan lebih nyenyak. Meskipun demikian , masih ada beberapa orang yang merasa tidak nyaman bila tidur satu kasur dengan si kecil,menurut mereka tidur secara terpisah sangat ideal bagi kebutuhan orang tua dan si kecil. Hal ini bisa diatasi dengan menempatkan kasur atau box si kecil bersebelahan dengan tempat tidur orang tua,dengan demikian si kecil akan merasa terus ditemani oleh orang tuanya.

No comments:

Post a Comment