Saturday, February 6, 2010

Penyebab Carries (gigis) pada Gigi Balita

Menurut hasil penelitian balita (terutama yang sudah mulai tumbuh gigi) beresiko mempunyai masalah gigi berlubang, hal ini sebagian besar berkaitan dengan kebiasaan bayi yang suka mengedot di malam hari.

Pada malam hari bayi usia 4 bulan keatas terbangun sekitar tiga atau empat kali untuk minum susu. Kebiasaan kita adalah dengan memberikan susu dalam dot sambil tidur hingga susu habis atau bayi kembali tertidur lelap.Tanpa kita sadar susu yang ada dalam mulut bayi tidak semuanya tertelan sebagian ada yang masih tertinggal dalam mulut dan menggenangi gigi. Jika semalaman bayi merendam susu dalam mulutnya tentu saja akan ada kuman-kuman yang bersarang dalam gigi si bayi. Untuk bayi yang baru tumbuh gigi depan mungkin lama kelamaan akan menyebabkan carries gigi (gigis) sedangkan untuk balita yang sudah punya gigi geraham akan menimbulkan gigi berlubang, selain carries gigi pada gigi-gigi lainnya.
Ada sebagian orang tua yang berpendapat bahwa hal itu tidak terlalu penting karena gigi bayi masih gigi susu yang nantinya juga akan segera berganti. Anggapan seperti itu tidak sepenuhnya benar karena tidak semua umur gigi susu pendek, ada yang sampai 12 tahun, nah apakah kita akan menganggap remeh hal ini? sedangkan jika anak sakit gigi saja sudah cukup menyiksanya juga menghambat aktivitas dan pertumbuhannya?
Berikut ini tips untuk mencegah carries gigi dan gigi berlubang :
1. Sebelum tidur biasakan membersihkan gigi si kecil dengan kain bersih atau sikat gigi khusus bayi
2.Biasakan anak tidak mengedot saat tidur, jika anak anda minta susu dudukkan dia dan coba latih untuk minum dengan sedotan
3. Setelah anak minum susu minumkan air putih hangat untuk menggelontor susu dalam mulut atau gunakan kain bersih dengan sedikit air untuk membersihkan gigi si kecil.

Semoga tips di atas bisa membantu. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

No comments:

Post a Comment